Rabu, 19 September 2012


Salah satu kunci utama dalam meraih keberhasilan dalam hidup adalah memiliki Konsep Diri. Kali ini saya akan menceritakan bagaimana pentingnya konsep diri . Konsep diri seseorang dinyatakan melalui sikap,perilaku yang ada pada dirinya sendiri yang merupakan pencitraan orang tersebut. Manusia sebagai makhluk yang selalu ingin berubah untuk menjadi lebih baik yang pada akhirnya menyebabkan ia sadar akan keberadaan dirinya. Dari hal tersebut kemudian membantu pembentukan konsep diri individu yang bersangkutan. Perkenalkan nama saya Andre Rispandita H, saya mahasiswa D3 Manajemen Administrasi Unisversitas Sebelas Maret Surakarta. Dan saya asli dari Madiun. 
Dari dulu saya mempunyai keinginan ataupun cita-cita menjadi seorang enterpreneur muda. Maka dari itu saya melanjutkan study saya dan mengambil jurusan di D3 Manajemen Administrasi. Dan saya yakin akan bisa mewujudkan hal tersebut. Amiin







Dan mengenai konsep diri ada hal yang penting dan perlu diperhatikan yakni SWOT : 
 ·         Strength (Kekuatan)
·         Weakness  (Kelemahan)
·         Oportunity (Kesempatan)
·         Threat (Ancaman)
1. Strength (Kekuatan) 
  • Mampu bersosialisasi dan mudah bergaul terhadap orang di sekitar.
  • Mampu mengenali karakter seseorang.
  • Pekerja keras dan selalu memiliki ide yang menarik.
  • Mampu menyemangati dan memotivasi teman.
  • Berani mencoba hal hal baru. 
 2. Weakness (kelemahan).
  • Kurang percaya diri dalam memimpin.
  • Selalu mudah putus asa.
  • Selalu berkecil hati atau mudah minder.
  • Masih suka bermalas malasan.
  • Kurang tegas dalam menghadapi masalah.
3. Oportunity (kesempatan).
  •       Kesempatan yang saya miliki 3tahun kedepan adalah saya bisa menggunakan kelebihan saya ke cita-cita yang saya inginkan, kemudian saya bisa menjadi seorang yang berhasil, mapan, mandiri dan yang paling penting bisa membahagiakan kedua orang tua saya adalah hal utama yang terbesit di dalam benak saya. Serta mampu menjadi seorang enterpreneur muda yang dapat berguna bagi diri saya serta orang di sekitar saya.
4. Ancaman (Threat)
  •     Ancaman yang mungkin akan menghalangi saya mewujudkan cita cita saya yaitu kekurangan yang masih melekat pada diri saya. Ketidak pedean yang mungkin akan menjadi satu hal yang menggagalkan cita cita saya harus saya hilangkan mulai dari sekarang. Mengikuti kegiatan organisasi akan menjadi salah satu cara saya untuk menghilangkan rasa kurang PD tersebut.
5. Planning
  •    Saya memiliki planning untuk 3tahun kedepan yang sudah lama saya pikirkan yaitu selalu belajar dengan giat, selalu berdoa kepada yang di atas, mulai mencoba hal-hal baru. Dengan demikian usaha yang saya lakukan tidak akan sia-sia dan menjadi kunci keberhasilan saya.

Itulah gambaran diri atau konsep diri dari saya.

  


  Kemudian saya akan memberikan gambaran tentang teman saya. Saya mempunyai seorang teman kuliah yang bernama Agil Restu Prayoga seorang lelaki solo tulen, kehidupan sehari-harinya banyak di habiskan di jalanan, dia sering mondar mandir tidak jelas.




  1.     Kelebihan
  •  Sering menolong teman
  •  Mampu membuat orang tertawa
  •  Mampu bekerja sama dengan baik
  •  Pandai dalam hal seni

    2.       Kekurangan
  •  Sering malas malasan
  •  Terlalu santai dalam menghadapi masalah
  •  Mudah bosan

2 komentar: